Sisi Mistis di Bali yang manakutkan

Sisi Mistis di Bali yang manakutkan - Selain dikenal sebagai pulau dewata dengan pesona wisata dan turis asingnya, Bali juga sudah lama dikenal memiliki sisi mistis yang kental dan menyeramkan.Berbagai kegiatan adat masyarakat Bali seolah tak lepas dengan hal hal magis, seperti upacara ritual maupun penghormatan  terhadap sesuatu yang Niskala (tak kasat mata).

Berikut ini beberapa hal yang berbau mistik paling yang dikenal dari sisi kehidupan masyarakat Bali. 



1. Pengleakan


Sisi Mistis di Bali yang manakutkan - Pengleakan
Pengleakan adalah ajaran ilmu hitam dari bali, dimana penganutnya akan menjalani kehidupan sebagai leak.Mereka yang menjalani kehidupan sebagai leak ini konon akan memperoleh keabadian (mortal :)). Seperti pada jenis ilmu lain, pengleakan juga memiliki tingkatan (level).Tingkat ilmu pengleak dapat dilihat dari wujud ketika menjadi leak, yang paling rendah adalah berujud seekor anjing, sedangkan yang paling tinggi adalah berujud seekor kera. Ilmu pengleakan merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan di bali, seseorang yang diketahui memiliki ilmu ngeleak tidak boleh disinggung tentang ilmunya.Jika tersinggung, pelaku pengleakan yang sudah tinggi levelnya konon bisa membunuh orang satu desa dalam satu malam.





2. Leak

Sisi Mistis di Bali yang manakutkan -Leak BaliKalau pengleakan adalah ilmu yang dilakoni oleh manusianya, sedangkan Leak merupakan makhluk tak tampak yang berada di bali. Beberapa Leak hanya bersifat mengganggu, namun ada juga golongan yang dapat membunuh seseorang dengan cara yang mengerikan.





3. Rangda

Sisi Mistis di Bali yang manakutkan -Rangda leak baliRangda merupakan ratu dari para leak ,  konon katanya perwujudan amarah Dewi Durgha, istri dari dewa siwa (mitologi Hindu bali). Wujudnya memiliki wajah dengan  mata melotot, kuku yang panjang panjang, gigi taring yang sangat panjang, lidahnya yang menjulur sampai kaki terdapat banyak bola api diatas lidahnya dan membawa kain putih di tangannya. Rangda biasanya muncul di Pura Dalem (pura tempat memuja dewa Siwa, selalu berada di dekat kuburan) pada hari hari tertentu, konon seseorang yang melihat Rangda akan sakit parah selama 3 hari, dan seseorang yang disentuh dengan kain putih milik rangda akan mati dan tidak dapat lahir kembali (Reinkarnasi). Jika anda melihat rangda, sebaiknya lari sekencang kencangnya ke tempat yang sejauh jauhnya, jika anda beruntung anda masih bisa hidup lebih lama.

4. Celuluk


Sisi Mistis di Bali yang manakutkan - celuluk leak baliCeluluk adalah leak dan merupakan anak buahnya si Rangda, wujud wajahnya memiliki mata yang berlubang, gigi yang besar besar dan kepala yang botak bagian depan. Walaupun serem, Celuluk tidak bisa membunuh manusia, karena dia adalah Leak yang sangat penakut. Walaupun ia sendiri penakut, Namun celuluk sangat suka menakut nakutii manusia. Celuluk memiliki tawa yang sangat mengerikan dan wujud yang seram, namun jika kita mengancam Celuluk, dia akan ketakutan dan menghilang. Celuluk biasa muncul di hutan hutan, sungai, jembatan yang sepi, serta perempatan jalan yang dekat dengan kuburan. Celuluk lebih sering muncul dihadapan manusia ketimbang leak leak lainnya.

Berikut ini tempat di Bali yang konon pernah terjadi penampakan celuluk

- Jembatan besar Nungnung, Petang, Tabanan
- Perempatan menuju pura Dalem desa Timpag, Tabanan
- Sungai besar di bawah jalan raya Tanah Lot, Munggu, Badung
- Kawasan wisata kebun raya, Bedugul, Tabanan

5. Pertunjukan Calonarang


Sisi Mistis di Bali yang manakutkan - Calonarang
Calon arang adalah sebuah jenis seni pertunjukan di bali yang, hingga kini masih sering dipentaskan.Pertunjukan calon arang bukanlah pertunjukan biasa yang bisa dilakukan sembarangan, karena acara ini bernuansa magis yang melibatkan makhluk tak tampak.Pemain calonarang adalah seorang Balian (dukun) yang memiliki kesaktian tinggi.Inti dari pertunjukan ini adalah memanggil Leak leak yang ada disekitar tempat pertunjukan, kemudian akan diadu kekuatannya dengan Balian tersebut. Jika si Balian kalah, maka Balian tersebut akan mati. Acara ini sangat bergengsi dikalangan Balian pada umumnya, karena merupakan ajang unjuk kesaktian agar tingkatan ilmunya diakui  oleh orang/balian lain. Pertunjukan Calonarang dimulai tengah malam, dan para penonton tidak diijinkan untuk meninggalkan tempat pertunjukan sampai pertunjukan selesai.Biasanya lokasi tempat pertunjukan akan di tandai dengan garis yang dipergunakan sebagai tanda pembatas , yaitu pelindung magis si balian kepada para penonton.Jika seseorang nekat meninggalkan tempat pertunjukan sebelum acara selesai, maka dia akan diganggu oleh leak leak yang dipanggil oleh si balian atau bahkan terbunuh.

0 comments:

Poskan Komentar